Penandatanganan MOU dengan AstraZeneca Indonesia

Penandatanganan MOU dengan AstraZeneca Indonesia

ADMIN
8 bulan yang lalu
Share:
Image Description

Di tengah ajang Indonesia Sustainability Forum, yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan KTT ASEAN selama pekan ini, AstraZeneca Indonesia dan PT Kimia Farma Tbk secara resmi menandatangani Nota Kesepahaman (MoU). MoU ini sebagai bentuk komitmen bersama dan tindak lanjut dari Sustainability Pledge yang didukung oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Hal ini bertujuan untuk mendorong pembangunan sektor kesehatan yang berkelanjutan dan wujud aksi nyata dua perusahaan dalam mengatasi tantangan yang mendesak akibat perubahan iklim dan kehilangan keanekaragaman hayati.

Prosesi penandatanganan MoU antara AstraZeneca dan Kimia Farma disaksikan oleh Lucia Rizka Andalucia, Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. “Pemerintah maupun pihak swasta tidak bisa bekerja sendiri karena perubahan iklim dan kehilangan keanekaragaman hayati adalah krisis global dan semua pihak perlu bekerja sama dengan baik, sebagaimana saat kita menghadapi pandemik COVID-19,” papar Rizka.

Lebih lanjut, Rizka menambahkan, “Saya berharap agar organisasi dan perusahaan di sektor kesehatan lainnya dapat meniru langkah-langkah yang dilakukan hari ini. Saya yakin, komitmen dalam menjaga biodiversity dapat menciptakan lingkungan yang sehat bagi generasi penerus kita di bumi ini.” 

AstraZeneca dan Kimia Farma melakukan penandatanganan MoU ini sebagai wujud nyata dalam mendukung Sustainability Pledge Kesehatan yang diinisiasi pada Indonesia Sustainability Forum. “Kami menghargai komitmen Kimia Farma yang baru saja menandatangani Sustainability Pledge untuk transformasi sektor kesehatan yang berkelanjutan dengan bergabung bersama AstraZeneca dalam perjalanan menuju nol karbon dengan menandatangani dua MoU hari ini,” ujar Se Whan Chon, Presiden Direktur, AstraZeneca Indonesia pada acara Sesi Tematik AstraZeneca di Indonesia Sustainability Forum 2023 di Jakarta, Kamis (7/9).

“Melalui MoU ini, saya mengapresiasi tujuan AstraZeneca Indonesia dan Kimia Farma untuk mendukung praktisi kesehatan dengan pengetahuan yang mereka butuhkan sehingga dapat meningkatkan layanan kesehatan tingkat pertama. Kolaborasi kedua belah pihak merupakan cerminan semangat kerja sama, inovasi, dan keberlanjutan yang sangat diperlukan untuk transformasi sektor kesehatan,” ujar David Utama, Direktur Utama PT Kimia Farma Tbk.

Kedua belah pihak juga bersama-sama berkomitmen dalam mengambil langkah besar menuju masa depan yang lebih sehat dan berkelanjutan bagi semua warga Indonesia.