Unlock Value Anak Usaha KF Lakukan Pengalihan Saham dengan AII dan CIZJ

Unlock Value Anak Usaha KF Lakukan Pengalihan Saham dengan AII dan CIZJ

ADMIN
11 bulan yang lalu
Share:
Image Description

Jakarta, 30/12/2022 - Dalam rangka pengembangan industri healthcare di Indonesia, PT Kimia Farma Tbk ("KAEF") melakukan pengalihan saham anak usahanya PT Kimia Farma Apotek ("KFA"). Hal ini dituangkan melalui penandatanganan Akta Jual Beli Saham KFA yang dimiliki KAEF dengan investor pada 27 Desember 2022 di Jakarta. Para investor yang terlibat yaitu PT Akar Investasi Indonesia ("AII") yang merupakan anak perusahaan Indonesia Investment Authority (INA) dan CZJ Limited ("CIZJ") yang merupakan anak perusahaan Silk Road Fund Co., Ltd. Penandatanganan akta jual beli ini merupakan lanjutan dari acara penandatanganan Conditional Share Subscription and Purchase Agreement pada 13 November 2022 lalu. Acara tersebut dihadiri oleh Direktur Utama KAEF, Bapak David Utama, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko, Ibu Lina Sari, jajaran Direksi KFA, serta dari INA, AII, SRF, dan CIZJ.

KAEF telah melakukan kesepakatan dengan AII dan CIZJ untuk berinvestasi pada KFA untuk mendukung modal kerja dan pengembangan bisnis dimana KFA akan melakukanan pengembangan usaha kedepan melalui New Bussiness Model with Digitalisasion, dengan melakukan kombinasi offline dan online store dengan strategi omnichannel, integrasi ApotekKlinik-Lab Diagnostika, serta New Digital Channel. Saat ini, jumlah outlet existing yang dimiliki adalah sebanyak 1.195 apotek, 410 klinik dan 72 laboratorium klinik yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Pengembangan layanan apotek dan klinik terus dilakukan dengan melihat peluang pasar yang ada. Tujuannya agar masyarakat dapat mengakses layanan kesehatan yang berkualitas. Kimia Farma menetapkan pelaksanaan pengembangan melalui Partnership Strategy dengan perusahaan rekanan bisnis seperti AII dan CIZJ yang dapat memberikan manfaat untuk dapat mengembangkan Operational Excellence & Service Experience dengan demikian KFA dapat menciptakan nilai keunggulan." kata David Utama selaku Direktur Utama PT Kimia Farma Tbk. Dengan bergabungnya PT Akar Investasi Indonesia (AII) dan CIZJ Limited (CIZJ) dengan Kimia Farma dapat mendukung pengembangan bisnis Kimia Farma agar terus memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan yang berkualitas.